Minggu, 25 November 2012

Membedakan Hamster Jenis Campbell dan WW serta Mengidentifikasi Hamster Hybrid

  • Dari 5 spesies hamster yang yang dijadikan hewan peliharaan hanya ada dua jenis dapat dikawin dengan spesies yang berbeda, dan bisa menghasilkan keturunan dan hidup. Kedua hamster ini adalah Campbell(Phodopus campbelli) dan Winter White(Phodopus sungorus). Keturunan yang dihasilkan dari perkawinan dari dua spesies terpisah itu dikenal sebagai hamster hybrida.
    Membedakan Antara Hamster Campbell Dan Putih Rusia Winter
    Hamster Campbell dan Hamster Winter White sekilas memang serupa khususnya dalam warna normal mereka dan untuk membedakan kedua jenis bisa sulit bagi para pemula didunia hamster. 
    Seperti yang bisa dilihat dari gambar di atas Campbell normal berwarna pucat dan lebih coklat-abu-abu, dibanding dengan warna dari Winter White normal yang lebih tegas warnanya. Campbell juga memiliki warna krim yang berbeda sepanjang lengkungan sisi tubuh yang memisahkan warna abu-abu dengan coklat dari warna perut putih, sedangkan Winter White memiliki warna hitam di sepanjang sisi lengkungan tubuh tanpa warna krim.
    Campbell dan Winter White di atas karena pose mereka yang berbeda sehingga agak sulit dilihat perbedaannya. Tetapi mereka memiliki bentuk tubuh yang berbeda . Winter White berbentuk seperti peluru, sedangkan Campbell lebih datar.
    Garis dorsal pada punggung Winter White lebih tebal, hitam pekat dan melebar luas antara bahu, sedangkan garis dorsal pada Campbell abu-abu kehitaman, lebih tipis dan tidak melebar antara bahu.
    Bentuk kepala juga berbeda antara dua spesies ini. Dimana dengan Winter White memiliki kepala yang lebih lonjong. Pada mata White Winter biasanya lebih besar dan letaknya lebi dekat ketelinga daripada ke hidung. Sedangkan pada Campbell  memiliki kepala agak bulat datar, dan jarak matanya sama antara dari hidung atau telinga. Perbedaan lain antara dua spesies ini adalah bentuk hidung. Campbell memiliki bentuk hidung yang lebih “bengkak” dimana profil pada sisi wajah tiupan di sekitar hidung. Profil dari Winter White halus tanpa bengkak “hidung”.
    Warna lainnya dan pola pada kedua jenis hamster ini yang membuat mudah untuk membedakannya.
    Pada Campbell ada beberapa mutasi varian antara lain:
    1.         Albino (berwarna putih dengan mata merah)
    2.         Argente (berwarna seperti jahe dengan mata merah)
    3.         Opal (berwarna biru- keabuan dengan mata hitam)
    4.         Blackbeer (berwarna hitam dengan mata hitam)
    5.         Black Eyed Argente (berwarna sperti jahe yang kusam dengan mata hitam)
    6.         Mottled (berwarna putih dengan bintik putih atau warna lain)
    7.         Dilute Platinum (berwarna putih dengan mata hitam)
    8.         Platinum (berwarna putih menyambung)
    9.         Satin (warnanya mengkilap basah).
    Mutasi varian pada Winter White adalah sebagai berikut:
    1.         Safir (berwarna ungu keabuan dengan mata hitam)
    2.         Pearl (berwarna putih keabuan).
    Namun, melakukan kawin silang pada kedua jenis ini untuk mendapatkan mutasi warna baru besar kemungkinan dapat terjadi dan bisa menghasilkan keturunan yang biasa disebut dengan hamster hybrida.
    Mengidentifikasi A Hamster Hybrid
    Hybrida adalah kombinasi dari kedua spesies dan karena itu besar pula kemungkinan keturunan mereka memiliki karakteristik dari kedua spesies. Tidak ada pemulihan kembali ke salah satu spesies akan menghapus semua karakteristik dari spesies lain dari hasil hybrida, tetapi campuran yang dapat membuat mereka kurang jelas.
    Sebuah hasil hibrida dengan gen Campbell yang lebih kuat(dominan) akan menghasilkan karakteristik yang memiliki profil wajah datar dan hidung bengkak serperti Campbell, tetapi memiliki garis punggung tebal (lebih luas antara bahu) dan jarak mata lebih dekat ke telinga dari pada ke hidung, ciri ini muncul dari gen Winter White.
    Sebuah hasil hybrida dengan gen White Winter yang lebih kuat(dominan) akan  menghasilkan karakteristik yang memiliki tubuh berbentuk peluru, tetapi memiliki garis punggung tipis, tidak memiliki warna gelap yang mendefinisikan lengkungan dan tidak memiliki rambut berwarna dicentang di daerah putih di bawah lengkungan sisi, memiliki bentuk hidung yang sedikit “bengkak” seperti hidung Campbell dan jarak mata ke telinga sama dengan jarak ke hidung, ciri ini muncul dari gen Campbell.
    Meskipun hybrida menghasilkan hamster yang sama seperti Campbell atau Winter White hamster dan dapat jadi hewan peliharaan. Pengembangbiakan silang dengan sengaja untuk menghasilkan hamster hybrida harus dihindari karena berbagai alasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar